Senin, 11 Juni 2012

Belanja Bulanan

Berhubung sudah dua tahun ini saya stay di semarang, kali ini saya akan share mengenai beberapa swalayan/supermarket alias toko kelotong yang gede, lengkap dan murah yang saya ketahui dan sering belanja bulanan atau sekedar window shopping disana. Belanja bulanan yang saya maksudkan disini adalah membeli perlengkapan sehari-hari seperti sabun mandi, pasta gigi, detergen, pembersih lantai, dan sebagainya yang digunakan sebulan.  Yah , inilah salah satu warisan budaya yang emak saya tinggalkan adalah belanja kebutuhan bulanan ke swalayan di awal bulan (red. awal bulan = waktu gajian). But, I know tidak semua wanita dan ibu rumah tangga belanja bulanan di swalayan. Kebutuhan setiap wanita kan tidak semuanya sama. Ada yang melengkapi stok lumbung rumah tangga mereka di awal bulan. Namun ada yang lebih memilih untuk mengecer di the real toko kelontong. But, that’s ok. Nggak ada salah nggak ada benar toh saya nggak kasih uang belanja ke mereka kok.hihii
1.Ada Swalayan
Nah ini nih swalayan paling meraja-lela di Semarang.  Saya pribadi sering sekali (almost) setiap bulan datang kesini untuk berbelanja kebutuhan saya satu bulan kedepan.  Bahkan bisa memenuhi untuk 2 atau 3 bulan kedepan.  Menurut pemantauan saya, tempat ini masuk kategori murah dengan tempat belanja yang lumayan menyenangkan. Tidak bagus-bagus banget namun juga sama sekali tidak jelek. Hanya musholanya saja yang sedikit menyedihkan untuk melaksanakan ibadah wajib bagi saya yang muslim ini.
a.       Ada Swalayan Setiabudi, jl. Setiabudi 221-225 no telp.3563641
Saya sangat sering lewat sana kalau pulang kampung karena letaknya yang sangat strategis. Yah. Tepat sebelah pertigaan besar masuk kota semarang lewat jalur umur atau pintu masuk tol. Saya pernah masuk ditempat ini 2 atau 3 kali tepatnya saya lupa. Hehe. Lumayan besar. Kalo sepengetahuan saya, Ada Setiabudi adalah Ada terbesar di Semarang. O ya. Kalau anda bawa anak kecil jangan khawatir, disini juga ada semacam time zone/wahana bermain untuk anak2 anda. Juga ada McD nya loh.
b.      Ada Majapahi,  Jl. Brigjend Katamso 325 no telp. 358-6477
Ini nih jagoan saya. Tidak mungkin dalam satu bulan saya tidak pernah ke Ada Majapahit. Kalau tidak untuk belanja ya untuk jalan-jalan saja. Kalau di Majapahit ini, tempatnya terkesan agak sempit. Kalau masa-masa gajian, wow.  sangat padat sekali. Jadi kalau bawa troli ya harus ekstra kerja keras karena lumayan ramai. Tipsnya: kalau akhir/awal bulan barang-barang kebutuhan anda masih mencukupi, pilihlah belanja di pertengahan bulan saja. Saya sering datang sekitar tanggal 10-an keatas smpai tanggal 20-an, Ada tidak terlalu padat, cenderung longgar. Oh ya, kalau anda belanja ke Ada majapahit, saya sarankan untuk sesekali mencicipi bakso balungan depan sebelah kiri. Lumayan loh. Hehe
c.       Ada Siliwangi, Jl. MGR. Sugiyopranoto 58-60 no telp.  3563641
Ada yang ini letaknya sebelah barat Tugu Muda.  Beberapa orang ada yang menyebutnya Ada Siliwangi. Saya sudah 2 kali belanja disini. Dan saya lebih familiar dengan yang Majapahit. Tapi beda halnya dengan teman kantor saya, mbak septi. Dia lebih memilih ke Ada Siliwangi ini karena dia bilang tempatnya lebih luas dari yang Majapahit. Well. Dimana pun tempatnya, asal masih bendera Ada, harganya mesti sama kan? Tapi sekali lagi, ini masalah kenyamanan.
d.      Ada Potrosari no.14 no telp 7464766
By honest, saya belum pernah lho belanja disini. Tempatnya saja saya juga kurang tau yang sebelah mana. Hehe. Maaf ya. Tapi bonusnya saya cantumkan no telpnya tuh. Hehe

2. Ramai Swalayan
Beberapa orang menyukai tempat belanja yang terletak di Jl. MT Haryono 942 no telp 8318828 8314671. Karena katanya murah. Murah banget. Oh ya?  Saya sudah berkali2 masuk ketempat ini. Tapi hanya sekali untuk belanja bulanan yang lainnya untuk membeli kado teman yang melahirkan dan alat masak .Tapi at all, tidak semua barang harganya lebih murah. Beberapa barang-barang pokok justru lebih mahal dari swalayan Ada. Untuk tempatnya pun saya kurang sreg. Sempit. sesak. Penuh. Peminat belanja disini lumayan banyak tapi tidak didukung dengan plebaran bangunan.
Teman saya yang orangtuanya tinggal di Taman Borobudur Utara, bilang kalau di daerah sana ada Ramai Swalayan juga. Tepatnya jl. Abdurahman Saleh. But I do apologise, saya kurang tau apakah mereka satu managemen atau tidak.

3. Sri Ratu Jl pemuda 29-33 3580132
Maaf teman, ditempat ini saya juga belum nyoba untuk belanja. Tapi teman saya asli Kudus bilang. Tidak ada orang Semarang yan tidak tau Sri Ratu. Ya sebelum beberapa departmen store terkemuka di Indonesia membuka cabangnya di Semarang, Sri ratu sudah berdiri gagah dulu. Orang2 Semarang dan sekitarnya menobatkan Sri Ratu adalah mall mereka kala itu. Meski perkembangannya kesini tidak lebih baik. Stau lagi selain terletak di jl pemuda, sri ratu terletak dijl MT Haryono dekat Ramai Swalayan

4.  Carrefour
Di Semarang ada 2 cabang Carrefor. Yakni di DCuta Pertiwi Mall (DP Mall) jl. Pemuda 150 no telp 3567794 dan di daerah Srondol sana. Carrefour merupakan salah satu supermarket yang masih sangat berpamor. Yah sama seperti carrefour dikota2 lain, harga relatif agak mahal plus ditambah Ppn. Satu hal yang membuat saya menyukai Carrefour DP Mall adalah mereka memiliki semacm foodcourt yang menjual khusus masakan asli-sli Indonesia. Ya seperti urap, pecel, gorengan dengan konsep yang menarik. Duduknya pun di dingklik2 atau kursi2 mini yang imut2. Pokoknya Semarang banget, haha. Untuk yang cabang Srondol saya juga pernah belanja sekali kesana. Bangunan baru. Cukup lumayan luas. Nyaman juga, and just see it.

5. Hypermart, hampir sama sepert Carrefour konsepnya. Di Semaranga da dua cabang Hypermart, di Paragon Mall dan Java Mall.
saya mah ngak perlu cerita panjang2. soalnya sebagian besar teman2 pasti sudha pernah berkunjung ke Hypermart. ya hampir sama kok disetiap kota :)

6. LotteMart jl. Brigjend Sudiarto
Dulu gedung Lotte Mart ini digunakan oleh Makro sebelum berubah nama menjadi Lotte Mart. Beberapa kali saya juga sudah pernah belanja di Lotte Mart. Tapi belanja khusus untuk barang2 yang sedang promo saja. Ya maklum karena plus PPn 10%.hehe. Tempatnya juga dekat dengan kost saya. Parkirnya sangat luas. Kalau saya melihat orang2 yang datang belanja kesini kebanyakan darimereka belanja untuk grosir yang smapai berkarsdus begitu. Dan satu lagi, ditempat ini tdk menyediakan kantor=ng plastik.kita harus bawa sendiri, beli disana atau bahkan menentengnya. Seperti waktu itu ketika saya beli ember dan sayur sawi, hehe.
7. Giant
Ditempat ini saya mah juga sudah banyak kali masuk namun untuk benar2 belanja bulanan ya baru sekali.  Itu pun juga hanya mencoba. Alhasil saya harus overbudget untuk belanja bulan itu.laper mata dimana2. Haha. Di Giant hampir seperti Carrefour dan Hypermart.supermaret luas yang snagat lengkap dan kesklusif. Di Semarang ada dua caang Giant.yang lama dan paling besar di Jl. Brigjed Sudiarto KM banyak. Hampir masuk perbatasan Semarang Demak. Juga di JL Jendral Sudirman untuk Giant yang baru saja dibuka.
8. Galael
tempat ini terleak di lantai dasarnya Mall Ciputra. tempatnya disinilebih kecil tapi jangan salah. karena kecil ini berarti detail loh. beneran.

so, ini saja yang bisa saya share. kalau seumpama ada yang salah, boleh kokbenerin. ya maklum ini kan penilaian subjektif. see yaa :)

4 komentar:

  1. Wah info tentang tempat shopping-nya sangat lengkap untuk yang tinggal di semarang.
    Saya juga menuliskan artikel tentang belanja bulanan, menurut saya idealnya di lakukan sekali dalam sebulan. Mungkin bisa jadi referensi tambahan ; http://finplanner-jauhari.blogspot.com/2012/08/belanja-bulanan-triks-dan-tips-nya-di.html#more

    Salam

    BalasHapus
  2. salam kenal :)
    saya nge-post ini sebenarnya karena iseng, tapi juga punya niat, siapa tau bermanfaat bagi yang lain..
    terima kasih atas responnya :)

    BalasHapus
  3. salam kenal :)
    saya nge-post ini sebenarnya karena iseng, tapi juga punya niat, siapa tau bermanfaat bagi yang lain..
    terima kasih atas responnya :)

    BalasHapus
  4. saat ini terdapat official promo dan diskon produk unilever di alfacart, kita bisa liat di Promo Belanja Bulanan Produk Unilever 2017

    BalasHapus