Jumat, 09 Desember 2011

Permintaan Maaf


"Meminta maaf adalah keputusan yang hanya sanggup dilakukan pribadi yang tangguh, karena nggak gampang"   @pemulihan jiwa  (8 Desember 2011)

beberapa saat terakhir ini saya memang sedang sangat terjatuh,
hingga saya merasa pada sebuah titik dimana saya terbelenggu,
tidak bisa mengendalikan diri, tertekan, buta arah dan hampir saja putus asa pada hidup.
tersudut dalam sebuah ruang yang membuat saya tidak bisa mengenali diri saya sendiri, 
membuat saya sering bercermin dan bertanya pada diri sendiri,
"ini siapa?" 
"siapa saya ini saat ini?"
saya sedang tidak seimbang.
saya harap dengan permintan maaf ini, saya bisa lebih berterus terang pada orang-orang yang saya rasa terugikan oleh keadaan saya beberapa saat lalu, 
atau paling tidak saya bisa lebih berjiwa besar untuk memberi maaf pada diri sendiri,
karena menurut saya justru itulah hal yang paling berat dilakukan. memaafkan diri sendiri dan melepaskannya dari penyesalan yang berkepanjangan.

pertama-tama, saya mohon maaf sebesar-besarnya pada Tuhan YME atas semua kesalahan yang
pernah saya buat selama ini. duapuluh dua tahun hidup didunia ini, begitu banyak kemudahan yang Engkau berikan.
kadang saya bersyukur atas nikmatMu, namun lebih seringnya saya lupa dan larut atas kebahagiaan-kebahagiaan fana,
padahal sebenarnya jiwa ini kosong.
saya sadar, selama ini saya telah jauh dari-MU, begitu jauh, sampai saya terlena dan tidak menyadari bahwa
saya telah ada dijalan yang salah dan kemudian tersesat. 
akhirnya kesombongan ini yang memang harus kalah.
saya membutuhkan bantuan-Mu untuk keluar dari kesesatan ini 
untuk mampu menatap masa depan lebih baik lagi.

Saya minta maaf kepada keluarga saya. kedua orang tua dan satu-satunya saudara saya, Kebo.
kepada Bapak yang mungkin susah karena perilaku kekanak-kanakan saya, yang sedikit-banyak terkena dampak ketidakseimbangan saya.
kepada ibuk yang sudah 'diselamatkan' duluan oleh Tuhan,
mohon maaf mungkin saat ini saya belum bisa menjadi anak baik yang membanggakan seperti yang kau harapkan dulu.
kepada Kebo, satu-satunya sodaraku sedarah, aku terlalu sibuk mencari kebahagiaan pribadi, pengakuan status, dan egoisme diri. maaf karena percikan kemarahan pun terasa padamu.
maaf jika belum bisa menjadi sosok kakak yang baik,
yang bisa dicontoh dan bertanggung jawab atas pendidikanmu sepenuhnya. 
saya akan berusaha keras untuk menjadi 'pemecah ombak'
dan menjadi sosok teladan yang lebih baik.

ketiga, permintaan maaf ini special saya tujukan untuk seseorang yang begitu mencintai saya  selama hampir 6 tahun ini,
dan mungkin sampai beberapa saat kedepan nanti 
yang tidak pernah kita ketahui bersama kapan berakhirnya rasa tersebut.
kepada seseorang yang memahami dan mengerti saya jauh lebih baik dari saya mengerti diri sendiri.
begitu besar rasa cinta, kasih sayang, kebaikan dan hal-hal membanggakan yang telah kau tulis rapi dalam buku kita.
kehilanganmu dengan cara seperti ini tidak pernah terlintas dalam pikiranku.
kemudian membuat saya sangat hancur hingga saya kehilangan kendali.
kebingungan.
mati rasa. hampir putus asa.
saya benar-benar minta maaf atas semua kesalahan yang pernah saya buat.
saya selalu berdoa untuk kehidupanmu yang lebih membahagiakan dimasa nanti,
dengan kebaikan-kebaikan yang tidak kamu temukan dalam diri saya.
saya tidak pernah tahu sampai kapan saya akan stop meminta maaf darimu.
dan buat saya, tidak akan pernah ada lagu Someone Like You-Adele untukmu. karena kamu,
semuanya tentang kamu tidak akan pernah ada yang menggantikannya. kamu sudah memiliki tempat khusus dihati. terima kasih untuk membuatku semakin tegar dalam melangkah.
kepada Pak Big Bos, mbak Atik, mbak Lely dan teman-teman kantor.
mohon maaf atas ketidakberdayaan ini dalam melepaskan diri
terhadap masalah-masalah yang sedang saya tanggung.
mohon maaf atas ketidakmaksimalan saya dalam bekerja. saya hanya anak
ingusan sebelum saya ditemukan oleh sosok seorang dewasa yang begitu hebat dimata saya yang membuat saya sangat kagum "seperti inilah seharusnya sosok pemimpin itu".
saya harap kedepannya nanti saya akan bisa lebih fokus dalam membantu masalah kita, berkontribusi
memecahkannya dan meraih cita-cita bersama. Because carrier is my passion. insyaAllah saya akan sembuh. bismillah.

kepada sahabat terbaik saya ALi dan Bebek, kepada teman-teman baik saya, mbak Fenty, mbak Etha, Iqbal, Surya, Satriya,
maaf kalau selama ini saya banyak mengeluh terhadap kehidupan. tentang banyak hal yang tidak sesuai dengan hati.
hanya bisa membagi keluhan terhadap masalah yang tengah dihadapi.
saya hanyalah orang kecil yang sedang bangkit perlahan-lahan untuk menatap masa depan lebih baik. dan seperti kalimat yang pernah kau tulis, teman baik ku-Iqbal,
".mimpi2mu pasti trwujud..i’m strongly trust on u,so your trust have to be stronger than mine.."
dan saya menangis membacanya. malu sekali diri ini. saya kehilangan harapan, sedang ada seorang sahabat disana yang percaya saya mampu mendapat mimpi-mimpi ini.

kepada teman saya yang sangat-sangat baik, mas Ichwan, mohon maaf atas cara memperlakukanmu.
tidak ada maksud buruk apapun. saya selalu berdoa agar kita bisa mencapa cita2 kita masing-masing,
saling support dan tetap berteman baik.

saya harap setelah permintaan maaf ini, saya akan lebih lega dalam menjalani hidup kedepannya. lebih ringan melangkah.
saya berdoa semoga saya segera kembali pada jalan dimana seharusnya saya berjalan,
mencapai keseimbangan jiwa, dan lebih bersemangat dan fokus menggapai mimpi.
semoga tidak pernah terlambat permohonan maaf ini. semoga tidak ada pintu hati manapun yang tertutup.
terima kasih.

I love you always.

2 komentar:

  1. tulisan-tulisannya menarik (curhatnya)..tapi background merahnya bikin mata jereng mbak..hehe.

    BalasHapus
  2. hahaa.. oke..
    insyaAllah nanti kalau sempet saya ganti yang lebih elegan yah backgroundnya.. by the way, salam kenal dari saya :)

    BalasHapus