Kamis, 22 Desember 2011

Pendidikan Kewarganegaraan

kenapa Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) sudah ditanamkan sejak kita sekolah dasar?
kenapa TENGGANG RASA menjadi salah satu materi penting dalam mata pelajaran tersebut?

hari ini, 22 Desember.
hari yang dinanti oleh para ibu, para anak, para ayah juga tiap keluarga yang sudah berbersiap merayakannya.
juga untuk perusahaan-perusahaan atau pihak-pihak yang berkepentingan terhadap tanggal tersebut dalam membentuk brand image.

bodoh.
kemarin aku hampir saja lupa, tanggal 20 atau tanggal 22 desember kah jatuhnya hari ibu.


hari ini. sebenarnya adalah hari yang kalau bisa dan kalau boleh aku 'libur' sebentar,
aku akan libur.
kalau aku bisa berpergian keluar negeri, aku akan pergi.
menyayat.
dari kemarin siang aku sudah memikirkan bagaimana beratnya menjalani hari ini.
cemas.
bagaimana menemukan alibi tepat untuk mengelabuhi diri sendiri untuk tetap baik-baik saja melaluinya.
meski hasilnya nol!

sesak.
ketika bangun dipagi hari, membuka jejaring sosial.
semua share tentangnya.
mereka yang berkicau di twitter.
mereka yang berceloteh di facebook.
uh!
dan ketika refresh home, menemukan my brother share makna perayaan hari ibu.
lengkap sudah!
hampir luluk lantah di hari yang masih pagi.

aku ingin sekali memiliki remote kendali.
hari ini ingin sekali aku percepat.
tau-tau sudah jam 10 malam, saatnya aku tidur.
tapi nyatanya aku memang harus menjalani setiap detiknya.
mendengar orang berkata "Selamat Hari Ibu"
"eh aku sudah kirim kado buat Ibuk tadi.."
atau "aku sudah telpon ibu tadi kok.."
dan dibalik tembok, aku hanya tersenyum kecut.
sengaja berlalu dari setiap obrolan.
dan pura-pura buta huruf masuk facebook.

semua orang yang mendapat nilai sempurna dalam mata pelajaran PKn, 
belum tentu bernilai sama dalam penerapan hidupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar